Disadur dari Renungan Harian Air Hidup, edisi 6 Oktober 2020

Baca:  1 Korintus 16:10-18

Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat! Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!”  1 Korintus 16:13-14

Pada waktu itu jemaat di kota Korintus sedang menghadapi pergumulan iman yang tak mudah:  ada perselisihan, perpecahan, praktek penyembahan berhala marak, dan masih banyak lagi.  Suatu kondisi yang bisa dibilang gawat darurat!  Rasul Paulus pun tanggap, karena itu ia menasihati dan menguatkan mereka agar tetap kuat walau tengah berada di di situasi yang gawat.  Mereka tak perlu gentar sekalipun berada di tengah masa yang sukar.

     Nasihat rasul Paulus ini juga berlaku untuk semua orang percaya.  Bukankah saat-saat ini kita juga sedang diperhadapkan dengan kesukaran?  Di tengah situasi yang sukar ini kita diperintahkan untuk selalu berjaga-jaga!  Nasihat untuk berjaga-jaga ini juga sering Tuhan sampaikan kepada murid-murid-Nya, salah satunya adalah saat Ia berdoa di taman Getsemani,  Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”  (Matius 26:41).  Kata  ‘berjaga-jaga’  menggambarkan suatu sikap siaga guna mengantisipasi bahaya yang datang mengancam, juga berbicara tentang suatu kondisi sedang tidak tertidur;  orang yang tertidur pasti tidak tahu kalau ada pencuri!

     Bagaimana cara berjaga-jaga?  Melalui persekutuan karib dengan Tuhan terus-menerus!  Sebab hanya dekat Tuhan saja kita mendapatkan ketenangan  (Mazmur 62:2).  Paulus menambahkan,  “…hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.”  (Efesus 6:10).  Kalau kita selalu berjaga-jaga kita akan mampu berdiri teguh dalam iman  (ayat nas).  Artinya sekalipun ada musuh kita tidak goyah, tidak lemah, tidak mundur, melainkan sudah siap menghadapinya, sebab ada perisai iman di dada:  iman yang sudah dipenuhi kuasa firman Tuhan, yaitu iman yang timbul dari pendengaran akan firman Kristus  (Roma 10:17), iman yang memberikan keberanian kepada kita untuk menghadapi  ‘Goliat’  (masalah besar/tekanan/penderitaan yang sepertinya tak mungkin dikalahkan).  Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kita diperhadapkan dengan peperangan setiap hari.  Tak berjaga-jaga pasti tenggelam dalam badai permasalahan!

Tak berjaga-jaga di dalam Tuhan, kita takkan berdaya menghadapi tantangan dunia!

Jangan lupa follow akun media sosial @gerejamuridkristus di Instagram dan Facebook untuk informasi dan update lainnya dari Gereja Murid Kristus

Sumber Artikel

Bagikan Halaman

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Renungan Lainnya